Thursday, January 15, 2015

Apa itu SSH atau lebih di kenali sebagai Secure Shell Tunneling... Aku copy paste!!


SSH TUNNELING


Apa itu Tunneling?
Secara sederhana tunneling berarti mengirimkan data melalui koneksi lain yang sudah terbentuk. Kalau
anda buka situs internet banking, pasti anda akan membukanya dengan URL berawalan “https”, yang
sejatinya adalah data dalam protokol HTTP yang dikirimkan melalui koneksi dengan protokol SSL,
atau “HTTP over SSL”, dalam bahasa gaulnya berarti HTTP digendong sama SSL.
SSH dan SSL adalah dua contoh tunneling protocol, keduanya bisa dipakai untuk menggendong data
dalam protokol apa saja (tidak hanya http). Hanya bedanya adalah pada SSL dibutuhkan public key
certificate dalam format X.509 yang perlu diverifikasi melalui Certificate Authority resmi. SSH tidak
memerlukan public key certificate, sehingga lebih sederhana dan lebih mudah dipakai.

İmage




[b]Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.





Secara sederhana SSH yang sering kita gunakan untuk trik internet gratis adalah sebagai tunneling yaitu mengirimkan dan menerima data melalui koneksi lain.


Sebagai contoh coba anda buka situs seperti Paypal.com atau Gmail.com, pasti secara otomatis kita akan masuk ke situs tersebut menggunakan URL dengan awalan “HTTPS”, mengapa seperti itu ?, karena situs seperti yang saya sebutkan diatas menggunakan protocol SSL untuk pengiriman data HTTP untuk alasan keamanan.





Lalu apa hubungannya dengan SSH ? SSH dan juga SSL adalah contoh dari tunneling protocol yang digunakan untuk pengiriman data yang lebih aman, yang membedakannya adalah SSL hanya bisa digunakan jika kita memiliki sertifikat resmi yang harus kita beli, sedangkan SSH tidak perlu sehingga penggunaanya lebih mudah.




Jadi kesimpulannya SSH adalah protocol yang digunakan untuk melapisi pengiriman data seperti HTTP, FTP dan SMTP sehingga koneksi kita menjadi aman dan juga untuk bisa mengakses situs – situs yang menggunakan protocol SSL atau membuka situs yang diblokir seperti http://www.apet*be.com dapat menggunakan protocol SSH ini.

Sumber :
[/b]http://merpati-xp.blogspot.com

No comments:

Post a Comment